Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami

Catatan Harianku - Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami, Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit share ke teman-teman tentang judul diatas karena apa, DIARE seringkali mudah menyerang anak saat hujan seperti belakangan ini dan memang sangatlah rentan menyerang pada anak kecil. Hal ini karena proses kekebalan tubuh mereka belum sempurna, terutama bagi anak yang masih dibawah umur setahun. Seperti yang diketahui diare terjadi karena adanya bakteri parasit dalam usus hingga menggangu pencernaan. Untuk itu, mengambil penanganan awal seperti mengonsumsi air, makan makanan yang sehat dan cairan oralit sangat penting, agar bisa mempercepat penyembuhan pada anak. Yang mempunyai anak kecil atau bayi wajib membaca ulasan berikut. Simak baik-baik ya.

Bagi sebagian masyarakat cara mengobati diare pada anak secara alami sangatlah bermanfaat juga bagi kesehatan anak. Seperti yang kita ketahui bahwa diare merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan keluarnya urine dari tubuh manusia dalam bentuk cair dan tidak padat serta berlangsung dalam rentan waktu singkat.

Untuk mengantisipasi gejala ini orang tua harus memperhatikan konsumsi si buah hati dan tentunya harus selalu memastikan agar si buah hati mendapatkan cairan yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak lemas. Pada dasarnya diare di sebabkan karena lingkungan tidak bersih dan juga adanya benda yang masuk ke dalam tubuh dengan kondisi yang terkandungg banyak bakteri taupun makanan yang tidak higenis.

Dari siklus masuknya kotoran atau bakteri ke dalam tubuh dapatlah menggaggu saluran pencernaan terutama dalam usus yang menjadi penyebab diare pada anak.

Berikut Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami:
Memberikan daun jambu biji muda
Daun jambu biji muda merupakan salah satu bahan alami yang di gunakan untuk meredakan gejala diare yang dialami anak. Daun jambu biji diberikan pada anak cukup dimakan begitu saja, bisa juga dengan memberikannya buah jambu biji muda yang masih sebesar kelereng.

Membuatkan larutan gula dan garam.
Dengan melarutkan gula dan garam yang biasa disebut larutan oralit sederhana dimana larutan ini digunakan untuk menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh anak. Dengan memberikan larutan ini pada anak akan dapat menggantikan cairan yang keluar dari tubuh anak secara cepat. Untuk membuat larutan oralit ini anda cukup menyediakn air hangat dengan mencampurkan gula dan garam secukupnya, sebaiknya berikan sedikit banyak gula dari garam agar si kecil mau meminumnya.

Membuatkan Jamu kunyit
Adapun bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengobati diare pada anak dengan menggunakan sari kunyit dengan campuran air dan gula agar balita anda suka dengan minuman ini.

Pemberian Vitamin C
Setelah intensitas buang airnya menurun, anak harus diberikan asupan makanan yang mengandung gizi dan vitamin, khususnya vitamin C. Hal ini penting agar daya tahan tubuhnya meningkat dan pemulihannya lebih cepat. Sementara, bila anak itu masih berumur satu tahun bisa diberikan ASI (Air Susu Ibu) untuk pemulihannya.


Beberapa  bahan alami di atas di gunakan untuk mengobati diare pada anak. Untuk mengantisipasi terjadinya diare pada anak sebaiknya orang tua harus memastikan balita selalu dalam keadaan bersih terlebih pada bagian tangan dan kuku-kukunya yang dominan sering memegang makanan. Dengan menggunakan bahan-bahan alami diatas diharapkan agar orang tua dapat menggunakan bahan alami tersebut untuk mengobati diare pada anak mereka.

Sekarang sudah jelas khan ayah bunda, om tante, kakak adik, dan semuanya. Lebih baik mencegah daripada mengobati itu simbol yang admin Catatan Harianku pegang sampai sekarang dan sekian untuk postingan Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami kali ini, semoga bermanfaat dan jaga keluarga anda baik-baik, salam hangat buat keluarga dirumah.

Artikel Terkait Cara Mengobati Diare Pada Anak Secara Alami :

1 komentar:

tips yang sangat menarik sekali terima kasih untuk tipsnya

Balas